Wajib Diketahui, Ini Risiko Yang Tidak Ditanggung Asuransi Mobil Di Indonesia!

Ketika Anda membeli asuransi mobil di Indonesia harus diperhatikan bahwa tidak semua resiko bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Maka dari itu, memang Anda harus jadi orang yang bijak dan cermat dalam melihat sesuatu. Asuransi adalah sebuah perlindungan, tapi bukan berarti bisa melindungi atau mengcover semua resiko yang terjadi pada kendaraan pribadi anda.

Tidak berbeda dengan asuransi kesehatan, ada beberapa penyakit yang juga tidak bisa di cover oleh asuransi kesehatan BPJS sekalipun. Maka dari itu, anda perlu tahu beberapa resiko yang memang tidak ditanggung oleh asuransi mobil.

1. Kerusakan Akibat Kelebihan Penumpang

Pasti ada saja kejadian yang dilakukan oleh beberapa orang yang tidak berpikir dahulu untuk melakukannya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan kendaraan roda empat yang memang hanya memiliki daya tampung maksimal 7 orang tetapi memasukkan penumpang sampai 10 orang. Jika terjadi kecelakaan atau kerusakan mobil yang timbul karena kondisi ini, asuransi mobil di Indonesia tidak akan mau melakukan ganti rugi pada mobil tersebut.

2. Tidak Punya SIM

Seseorang menaiki mobil pribadi tapi tidak punya SIM juga bisa menjadi salah satu kondisi mengapa polis asuransi mobil anda tidak bisa di klaim. Setiap orang yang berkendara tentu harus punya Surat Izin Mengemudi.  Karena surat ini menjadi bukti paling sah jika Anda memang punya izin untuk berkendara. Anda tidak bisa klaim asuransi jika tidak punya SIM dan masa berlaku SIM sudah habis atau SIM sudah tidak aktif.

3. Kerusakan Ban

Anda juga tidak akan bisa melakukan klaim asuransi jika terjadi kerusakan ban ataupun velg. Pihak perusahaan asuransi biasanya menyatakan bahwa kejadian tersebut bisa jadi karena perilaku sengaja oleh pemilik mobil. Berbeda halnya ketika yang rusak adalah body mobil beserta ban atau velg.

4. Aksesoris Mobil Rusak

Memang sah-sah saja menambahkan berbagai aksesoris mobil. Mulai dari lampu sein, sayap mobil sampai stiker. Namun perlu diketahui, bahwa perusahaan asuransi tidak akan bertanggung jawab pada kerusakan yang diakibatkan aksesoris mobil. Karena memang ini pada umumnya tidak masuk dalam kebijakan polis asuransi. Tetapi anda tetap bisa mendapatkan ganti rugi jika menggunakan perluasan manfaat asuransi mobil untuk aksesoris mobil.

5. Pencurian Akibat Hipnotis

Asuransi mobil di Indonesia tidak akan mengcover kejadian pencurian yang diakibatkan karena hipnotis. Sebab kendaraan tentu adalah milik pribadi dan harus menjadi tanggung jawab penuh oleh pemiliknya. Jika mobil anda dicuri karena hipnotis, berarti yang lalai adalah pemilik mobil. Maka dari itu Anda wajib menjaga kendaraan sebaik-baiknya.

6. Kecanduan Alkohol Dan Obat Terlarang

Selanjutnya perlu pula diketahui bahwa seseorang yang mengalami kecanduan akibat minuman beralkohol atau obat-obat terlarang tetapi mengendarai mobil lalu kecelakaan, maka kondisi ini tidak akan mendapatkan asuransi jika terjadi kerusakan atau kecelakaan mobil.

Karena tentu saja Anda sedang mengendarai mobil dalam kondisi kesadaran yang menurun dan hal tersebut disengaja. Maka dari itu wajib mengendarai mobil dalam kesadaran penuh untuk menghindari kecelakaan ataupun kerusakan mobil lainnya.

Sekarang tentu anda sudah memahami poin-poin apa saja yang tidak termasuk dalam klaim polis asuransi mobil di Indonesia. Untuk yang memang sedang ingin membeli asuransi namun bingung ingin membeli secara online dimana, kok bisa mengunjungi Lifepal. Di Lifepal Anda bisa membeli asuransi dari perusahaan-perusahaan terbaik dan terpercaya. Menariknya lagi Anda akan mendapatkan berbagai promo menarik dari Lifepal untuk pembelian asuransi.