Tingkatkan Industri Ekonomi Kreatif Indonesia dengan Mengikuti Berbagai Program Pelatihan

Sebagai salah satu pilar perekonomian di Indonesia, industri ekonomi kreatif ini menjadi sektor yang memerlukan perhatian dan pengembangan. Industri ekonomi kreatif Indonesia ini dapat memberikan kontribusi yang cukup besar asalkan dapat terkelola dengan baik.

Pertumbuhan industri ekonomi kreatif ini rupanya mengungguli jenis sektor lainnya seperti sektor pertambangan, gas, air bersih, listrik, peternakan, perdagangan, perikanan, kehutanan, jasa, maupun industri pengolahan. Terlebih lagi ragam ekonomi kreatif ini cukup banyak,

Ragam Ekonomi Kreatif yang Perlu Kamu Ketahui

Bidang ekonomi kreatif di negara Indonesia ini mencakup 16 sub sektor industri, Banyaknya jenis industri dalam sektor ekonomi kreatif membantu meningkatkan pendapatan negara. Tak heran jika jumlah kontribusi dari sektor ekonomi kreatif relatif lebih tinggi daripada yang lain.

Industri ekonomi kreatif terdiri dari beberapa sub sektor seperti game developer, aplikasi, arsitektur, musik, desain interior, seni rupa, fashion, kuliner, seni pertunjukan, perfilman, desain grafis, fotografi, kriya, penerbitan, periklanan, televisi, dan radio.

Masing-masing sub sektor membutuhkan keahlian dan pengetahuan di bidang yang berbeda. Semua jenis industri kreatif tersebut tentu akan berkembang lebih pesat seiring dengan perkembangan teknologi, teknologi digital ini sangat penting untuk mempromosikan industri ini secara luas.

Daftar Pelatihan untuk Tingkatkan Industri Ekonomi Kreatif

Dukungan pemerintah bagi pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif sangatlah berarti. Para pelaku usaha ekonomi kreatif harus memiliki keterampilan dan wawasan yang memadai agar bisnis tersebut dapat sukses tak hanya dalam taraf nasional, tetapi juga internasional.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha di industri ekonomi kreatif ini ialah pengadaan program pelatihan oleh kemenparekraf. Berikut ini contoh dari program pelatihan di sub sektor ekraf untuk meningkatkan kualitas ekonomi kreatif Indonesia 2021:

1. Bimbingan Fotografi

Bagi kamu yang mempunyai hobi di bidang fotografi dan ingin menekuni bisnis di sektor tersebut, kamu perlu meningkatkan keterampilan dengan mengikuti berbagai jenis program pelatihan untuk upgrade skill.

Bahkan dengan mengikuti program tersebut, kamu mungkin bisa mendapatkan sertifikasi sebagai bentuk apresiasi terhadap karyamu dan kelayakan dalam mengelola bisnis di bidang fotografi. Penguasaan fotografi ini juga penting untuk mendorong industri di sektor lainnya.

Pelatihan fotografi dan ilustrasi oleh kemenparekraf sangat penting bagi para pelaku usaha di berbagai industri  bahkan sektor UMKM sekalipun. Penguasaan visual marketing melalui teknik fotografi ini akan meningkatkan bisnis yang sedang kamu tekuni.

2. Digital Marketing 

Kemenparekraf juga menyelenggarakan pelatihan dalam digital marketing untuk mendorong pelaku usaha di sektor ekonomi kreatif tetap produktif meskipun di tengah situasi pandemi. Pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi pelaku usaha di bidang tersebut.

Selain itu, pelatihan digital marketing ini akan membantu kamu dalam menjangkau pasar yang lebih luas, yakni taraf internasional. Kali ini kemenparekraf menyediakan pelatihan komprehensif khusus untuk pelaku usaha di sub sektor kriya untuk menguasai digital marketing.

Teknologi digital ini memang ampuh untuk memasarkan produk, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Pengembangan bisnis digital ini juga menjadi kesempatan untuk menarik investor dan memberi ruang untuk bersaing di pasar global.

3. Peningkatan Industri Kuliner

Industri kuliner menjadi salah satu sub sektor yang mempunyai prospek cemerlang di masa depan. Bahkan di tengah situasi sulit sekalipun, industri kuliner masih tetap bisa bertahan. Tapi untuk memulai bisnis kuliner, kamu perlu pengetahuan dan keterampilan.

Kiat kemenparekraf dalam mendorong pelaku usaha kuliner ini terwujud dari pelatihan online untuk mendirikan usaha kuliner yang kreatif. Para pelaku usaha di bidang kuliner ini memperoleh pemahaman praktikal bisnis khususnya di bidang kuliner.

Bisnis kuliner yang semakin berkembang pesat merupakan kesempatan emas dalam membangkitkan perekonomian negara. Karena kuliner ini bukan sekedar kebutuhan pokok saja tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Dengan pelatihan seperti ini, nantinya para pelaku usaha kuliner akan lebih kreatif dalam menciptakan kuliner yang menarik para konsumen. Inovasi dalam bisnis kuliner yang perlu kamu tingkatkan meliputi bentuk, rasa, ketrampilan dan kreasi penyajian.

Masih banyak lagi contoh pelatihan yang dapat meningkatkan skill dalam menjalankan bisnis di sektor ekonomi kreatif Indonesia. Ilmu dan keterampilan dalam berbisnis menjadi bekal untuk menciptakan pelaku usaha yang mampu bersaing di pasar global.