Teether Bayi yang Bagus untuk Pertumbuhan Gigi Si Kecil

Ketika bayi telah berumur 4 bulan, ia akan sangat senang memasukkan benda ke dalam mainan seperti mainan, uang koin, atau apapun yang ada di dekatnya. Bayi juga akan memproduksi air liur yang semakin banyak. Tak heran jika kalian akan lebih sering menemukan bantal tidur, guling, atau kain yang basah terkena air liur bayi. Hal ini sangat wajar karena menunjukkan bahwa gigi bayi akan segera tumbuh. Bayi akan mengalihkan rasa nyeri atau gatal yang ia rasakan karena pertumbuhan gigi dengan cara menggigit sesuatu. Tak hanya itu, bayi juga biasanya sering menggigit puting ibu menyusui saat minum ASI. Ada satu cara yang bisa dilakukan untuk merangsang calon gigi yang akan tumbuh. Kalian para ibu dapat memberinya mainan yang bisa digigit bayi. Mainan ini disebut teether. Ya, mainan ini bisa kalian temukan dengan mudah di berbagai toko mainan, swalayan, dan toko-toko lainnya. Tapi, kalian harus pastikan untuk memilih dan membeli teether bayi yang bagus sehingga aman untuk digigit si kecil. Di sini, kami akan memberikan beberapa tips penting untuk kalian yang ingin membeli teether bayi.

Bahan Teether Bayi yang Bagus

Teether bayi bisa terbuat dari berbagai jenis bahan. Untuk teether yang aman untuk bayi, sebaiknya kalian memilih yang berbahan kayu, lateks, atau silikon. Yang juga perlu diperhatikan adalah teksturnya yang harus disesuaikan dengan usia si kecil. Apabila bayi berusia 4 bulan & giginya belum tampak tumbuh, sebaiknya kalian memilih teether dengan bahan lateks atau silikon berisi gel & bintik-bintik kecil.

Berbeda halnya jika bayi sudah berusia 6 bulanan, gigi-gigi mungil biasanya akan mulai tampak. Di usia ini, si kecil sebaiknya diberikan teether yang terbuat dari bahan & tekstur yang lebih padat. Selain itu, bahan pembuatan teether bayi juga harus bebas BPA & pewarna buatan sehingga tidak menimbulkan bahaya untuk si kecil jika digigit.

Ukuran Teether Bayi yang Bagus

Teether yang bagus untuk bayi pada usia 4 bulanan sebaiknya memiliki ukuran yang pas di mana ukurannya kecil dengan bentuk standar. Pada bayi usia 4 bulan, orang tua sebaiknya tidak memberikan teether yang ukurannya besar sebab si kecil sedang dalam tahap belajar menggenggam. Tak hanya itu saja, teether yang memiliki ujung tajam juga harus dihindari karena dapat melukai mulut, lidah, atau gusi si kecil.

Teether Bebas PVC untuk Bayi

Memilih teether bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Demi keamanan, teether bayi bukan hanya harus bebas BPA tapi juga bebas PVC. Ya, PVC adalah bahan plastik yang beracun. Teether bayi yang aman adalah teether yang bebas bahan-bahan kimia. Pasalnya, bahan-bahan kimia sering ditambahkan ke bahan plastik agar lebih kenyal & lembut. Namun, kedua bahan tersebut memiliki resiko yang sangat besar untuk gangguan Kesehatan pada bayi sebab sifatnya yang karsinogen.

Teether Bayi Kuat & Mudah Dicuci

Ketika kalian mau membeli teether bayi, pastikan kalian menggenggamnya terlebih dahulu lalu lenturkan. Di sini, pastikan bahwa teether harus terbuat dari bahan yang kuat agar tidak mudah terkelupas & rusak Ketika bayi menggigitnya. Pasalnya, teether yang robek akan lebih mudah tertelan oleh si kecil.

Selain membiasakan mencuci teether baby setelah dipakai lalu merendamnya dengan menggunakan air panas, kalian juga perlu membuatnya steril dengan cara membersihkan botol & dotnya. Supaya mudah Ketika dicuci & disterilkan, kalian harus memilih dan membeli teether bayi yang bagus yang mudah dibersihkan.

Isi Teether Bayi yang Bagus

Ada 2 jenis isi teether bayi yaitu gel dan air. Untuk bayi yang mengalami gejala tumbuh gigi seperti nyeri & gatal, maka teether bayi dengan isi gel lebih direkomendasikan. Pasalnya, teether bayi dengan isi gel akan memberi sensasi dingin dibanding dengan teether bayi yang berisi air. Tapi, keduanya sama-sama aman. Karena lebih nyaman digigit bayi, teether dengan isi gel biasanya sedikit lebih mahal.

Kapan Bayi Bisa Memakai Teether?

Ketika gigi bayi mulai tumbuh, si kecil biasanya akan suka menggigit benda-benda di sekitarnya. Agar tidak menggigit benda yang berbahaya, ada baiknya kalian para orang tua memberikannya teether bayi atau mainan gigit. Tak ada salahnya untuk memberi si kecil teether meskipun usianya masih 3 bulan. Pasalnya, bayi usia 3 bulan sudah mulai belajar menggigit dan gigi-gigi mungil sudah mulai tumbuh. Tapi, teether bayi tidak boleh sembarangan dipilih karena harus benar-benar memilih yang aman dan nyaman untuk bayi dengan mempertimbangkan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas.

Fungsi Teether pada Bayi

Teether adalah mainan gigit yang selain berfungsi untuk mainan juga berguna untuk merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Teether bayi bisa digigit oleh si kecil & dimasukkan ke mulut bayi. Teether bayi juga bisa dijadikan sebagai mainan bayi karena mudah diraih dan digenggam. Mainan gigit ini hadir dalam berbagai macam bentuk, bahan, isi, warna, dll. Alat ini juga biasa disebut dengan istilah teething ring.

Berapa Lama Bayi Harus Diberi Mainan Gigit?

Saat gigi mulai tumbuh, bayi biasanya tidak mau makan karena rasa yang sangat tidak nyaman. Biasanya, si kecil hanya ingin menggigit sesuatu untuk menghilangkan rasa gatal dan tidak nyaman yang dialami. Tiap kali gigi baru mau tumbuh, rasa tidak nyaman ini pasti muncul lagi. Di situlah fungsinya teether. Sebenarnya, teether tidak harus diberikan pada bayi. Tapi, teether juga bagus untuk merangsang pertumbuhan gigi. Jadi, selama si kecil belum tumbuh gigi seluruhnya, kalian para orang tua bisa memberikan si kecil mainan gigit ini.

Proses pertumbuhan gigi pada bayi bisa berbeda-beda. Umumnya adalah 6 hingga 10 bulan. Tapi, jika pertumbuhan gigi si kecil mulai dari 3 hingga 12 bulan, hal ini masih termasuk normal. Jadi, teether bayi atau mainan gigit bisa diberikan Ketika bayi berusia 3 hingga 12 bulan.

Rekomendasi Teether Bayi yang Bagus

Ada banyak sekali teether bayi yang tersedia di pasaran. Apapun teether yang kalian pilih, pastikan mainan gigit tersebut aman dan nyaman. Salah satu teether bayi yang paling rekomended adalah produk Dr. Brown’s yang dikembangkan dokter gigi spesialis anak khusus untuk membantu mengurangi bermacam-macam permasalahan gigi.

Salah satu kelebihan dari teether bayi yang bagus ini adalah bisa mengurangi tekanan pada mulut bayi yang dapat membuat pertumbuhan gigi tidak rapi, tidak rata & tidak simetris. Selain itu, mainan gigit dari Dr. Brown ini juga hadir dalam berbagai desain sesuai kebutuhan mulai dari teether dot, teether berbahan silikon, dan lain sebagainya. Dengan teether yang tepat, pertumbuhan gigi pada si kecil bisa lebih bagus dan optimal.

Deskripsi: Teether bayi yang bagus harus aman dan nyaman. Dr. Brown’s Teether adalah salah satu yang paling rekomended untuk pertumbuhan gigi si kecil.