Jenis-Jenis Mesin Binding yang Ada di Pasaran

 

Menjilid merupakan salah satu cara untuk menyatukan beberapa lembar kertas dalam satu ikatan. Hal tersebut tentu pernah Anda lakukan ketika Anda masih sekolah atau kuliah entah untuk menjilid buku kopian atau menjilid skripsi. Jadi mesin jilid ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan mudah untuk dijumpai apalagi di dunia percetakan. Banyak jenis dari mesin binding ini seperti spiral kawat yang menggunakan kawat, spiral plastik yang menggunakan plastik, dan hot melt glue binding yang merupakan mesin binding buku dan lainnya.

Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang jenis-jenis mesin binding yang ada di pasaran. Anda bisa melihat pembahasan di bawah ini. Beberapa mesin binding sangat umum dijumpai. Dan beberapa lainnya hanya ada di perusahaan-perusahaan percetakaan yang memerlukan mesin binding khusus untuk melakukan penjilidan pada produknya. Berikut adalah jenis-jenis mesin binding yang ada di pasaran.

1. Mesin Binding Spiral Kawat

Mesin binding yang satu mudah ditemukan karena biasanya digunakan di beberapa jasa fotokopi dan beberapa toko alat tulis. Memang meskipun buku yang dijilid dengan mesin binding jenis ini jarang ditemukan, namun masih ada beberapa yang menggunakannya bahkan beberapa penerbit buku juga menggunakan mesin binding jenis ini.

Mesin binding spiral kawat memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah penampilan dari dokumen yang dijilid terlihat lebih menarik dan rapi. Dapat terbuka secara rata, halaman depan dari buku bisa berada di halaman belakang. Mesin ini mampu menggabungkan 125 hingga 450 halaman kertas.

Kekurangan dari mesin binding ini adalah biaya yang dibutuhkan cukup mahal dari yang lainnya. Anda perlu benar-benar mengerti cara menggunakannya serta harus menyediakan berbagai ukuran spiral. Kekurangan lainnya adalah warnanya yang ada hanya hitam dan putih.

2. Mesin Binding Spiral Plastik

Mesin binding spiral plastik lebih murah dan sederhana, hal tersebut memang berbeda dengan mesin binding spiral kawat. Selain murah dan sederhana, kelebihan lainnya adalah mampu menjilid hingga 450 kertas dan dapat menambah atau mengurangi jumlah kertas yang dijilid tanpa merusak jilidan tersebut.

Namun, mesin ini juga memiliki kekurangan yaitu terkesan murah, hanya ada hitam dan putih, jika halaman terlalu banyak saat dibuka tidak rata.

3. Mesin Binding Lem Panas

Mesin binding ini merupakan jenis mesin binding yang biasa digunakan dalam membuat buku, khususnya buku yang berukuran besar dan tebal. Menggunakan lem panas yang kuat untuk merekatkan kertas-kertas untuk dijadikan satu. Kelebihannya adalah tampilan menarik dan halaman depan maupun belakang cover, rapi, dan kuat. Kekurangannya adalah mesinnya yang mahal dan perlu memakan waktu yang cukup lama agar lem dapat benar-benar merekat.

4. Jilid Biasa

Jilid biasa merupakan teknik penjilidan yang menggunakan staples dan lakban untuk menjilidnya. Untuk menjilid biasa Anda bisa melakukannya sendiri dan tidak memerlukan mesin khusus. Biasanya digunakan untuk menjilid buku kopian atau jurnal.

Itulah jenis-jenis mesin binding yang ada di pasaran. Anda bisa menemukan beberapa mesin jilid termasuk mesin jilid lem panas di toko online yang tersedia. Temukan mesin jilid lem panas di toko online favorit Anda.