Ini 5 Manfaat Buah Lemon Untuk Wajah

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan lemon? Buah berkulit kuning ini sangat banyak manfaatnya. Lemon juga sering dijadikan penambah rasa pada makanan maupun minuman agar terasa makin segar dan lezat.

Meski rasa asamnya sangat dominan, namun tidak sedikit orang yang menyukainya. Lemon terkenal memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk biasa. Karena kelebihan itulah, lemon kerap digunakan dalam resep pengobatan tradisional, contohnya irisan buah lemon yang dicampurkan dengan air jahe hangat untuk meredakan gejala flu, dan rutin minum jus lemon untuk mendukung program penurunan berat badan.

Kedua manfaat itu hanyalah sebagian kecil dari manfaat buah lemon yang sebenarnya. Lantas, apa saja manfaat lain dari buah lemon?

Buah lemon juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk masalah kulit. Saking banyaknya manfaat buah lemon untuk wajah dan kulit, sehingga tak heran banyak produk kecantikan di berbagai belahan dunia ini mengandung lemon sebagai komponen utamanya.

Penasaran kan apa saja sih manfaat buah lemon untuk wajah? Simak ulasan dibawah ini 1

  1. Mengatasi Jerawat

Buah lemon mengandung asam sitrat yang memiliki sifat astringen alami, yakni zat kimia alami berbasis air dan bermanfaat untuk membersihkan wajah. Selain membantu membersihkan wajah, astringen juga dapat mengencangkan pori – pori dan bisa membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang menjadi faktor utama tumbuhnya jerawat.

Tingkat keasaman yang cukup tinggi pada lemon juga memiliki efek antibakteri atau antimikroba yang bisa mengurangi inflamasi sehingga bisa mencegah jerawat tumbuh dan meradang.

  1. Mencerahkan Kulit

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga membuat buah ini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Ada banyak produk pencerah wajah di pasaran yang mengandung ekstrak lemon.

Perlu diketahui bahwa kulit membutuhkan vitamin C, karena merupakan antioksidan yang berperan penting untuk melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan salah satu faktor kulit kusam.

Vitamin C juga dapat menghambat produksi melanin di kulit yang membantu mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik – bintik cokelat, serta meratakan warna kulit dan meningkatkan kecerahan pada kulit secara keseluruhan.

  1. Meredakan Gatal

Manfaat buah lemon untuk wajah yang lainnya adalah dapat membantu meredakan gatal – gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, ditemukan bahwa air perasan buah lemon memiliki sifat anti jamur.

Buah lemon pun bisa membunuh strain jamur Candida yang merupakan jamur penyebab infeksi pada kulit.

  1. Mengurangi Tanda – Tanda Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, tentu banyak terjadi perubahan di kulit, terutama di wajah. Kadar kolagen dalam kulit yang menurun merupakan faktor timbulnya bintik hitam, kerutan halus, dan kulit kusam.

Kemunculan gejala – gejala tersebut di wajah bisa dianggap sebagai beberapa tanda bahwa kulit telah mengalami tanda – tanda penunaan. Untuk mengatasinya, kamu bisa pertimbangkan khasiat buah lemon yang dipercaya mampu mengurangi tanda – tanda penuaan pada wajah.

Selain dapat mencerahkan kulit wajah, kandungan vitamin C yang kaya pada buah lemon juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mengurangi garis – garis halus di wajah.

  1. Menghilangkan Komedo

Manfaat buah lemon untuk wajah yang terakhir adalah dapat membantu menghilangkan komedo. Buah ini mengandung asam sitrat yang merupakan bentuk alami dari Alpha Hydroxy Acid (AHA).

AHA ini adalah sekelompok asam yang diturunkan dari tumbuhan dan hewan yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Biasanya produk yang mengandung AHA merupakan produk perawatan anti-aging harian seperti toner, serum, dan krim. AHA juga lah yang membantu dalam proses pengelupasan sel – sel kulit mati.