Amankah Menggunakan Sabun Antiseptik Untuk Bayi? Berikut Ulasannya

Pernahkah anda mendengar sabun dengan antiseptic? Jenis sabun ini banyak digunakan masyarakat dalam membersihkan diri. Sabun dengan antiseptic dipercaya mampu membasmi kuman pada kulit sehingga meminimalisir kuman masuk dalam tubuh. Selain tersedia dalam bentuk sabun mandi, sabun antiseptic juga disediakan untuk mempermudah cuci tangan. Dettol sebagai salah satu sabun antiseptic sendiri sering memberi promo Dettol dalam mempermudah pembelian produk.

Produk kebersihan diri pada saat ini banyak diincar masyarakat, terutama sabun antiseptic. Jenis sabun ini dipercaya membantu menekan laju pertumbuhan kuman pada tubuh. Bahkan beberapa produk kebersihan diri seperti antiseptic dapat ditambahkan dalam bak mandi untuk membunuh kuman pada tubuh. Namun, aman kah penggunaan sabun antiseptic pada promo Dettol untuk kebersihan diri keluarga?

Penggunaan sabun antiseptic bisa digunakan untuk anggota keluarga yang sudah dewasa dan bahkan anak sekolah. Namun, penggunaan sabun antiseptic seperti dalam promo Dettol tidak disarankan untuk anak – anak maupun bayi. Hal ini dikarenakan kulit anak – anak dan bayi cenderung sensitif bahkan mudah iritasi. Penggunaan sabun antiseptic akan membuat kulit bayi dan anak kering. Sebab itu, tidak disarankan menggunakannya.

Produk kebersihan kulit yang disarankan dan direkomendasikan berasal dari produk khusus bayi. Banyak sekali merk produk perlengkapan bayi yang dipercaya dan sudah tersertifikasi. Dengan menggunakan sabun mandi itu saja, kuman pada tubuh bayi akan mati dan aman digunakan untuk bayi. Produk perlengkapan bayi sendiri sudah bisa ditemukan dengan mudah di toko online perlengkapan bayi pada e-commerce kesayangan anda.

Sabun bayi seperti apa yang direkomendasikan digunakan? Menemukan produk perlengkapan bayi yang aman dan nyaman digunakan anak memang sulit sulit gampang. Kulit bayi yang sensitif, membutuhkan produk kebersihan bayi yang aman digunakan dan menjaga kelembaban kulit mereka. Ada beberapa kriteria yang diperlukan kulit bayi agar aman digunakan oleh bayi dan menghindarkan mereka dari kuman.

Berikut merupakan beberapa kriteria sabun bayi yang direkomendasikan :

  • Memiliki pH balance

Sabun bayi yang direkomendasikan digunakan adalah sabun dengan tingkat asam basa yang seimbang. Dimana range pH sabun yang aman adalah 5,5-7. Hal ini dikarenakan pH bayi sendiri ada pada range tersebut. Bila sabun yang diberikan lebih basa ataupun kering maka kulit bayi akan mudah iritasi dan kering karena tidak cocok.

  •  Mengandung canola oil dan diperkaya vitamin E

Canola oil merupakan bahan yang ditambahkan pada sabun untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Komponen ini juga digunakan untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Selain itu, vitamin E sendiri kaya akan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan kulit bayi.

  • Bebas pewangi dan kandungan alkohol

Beberapa sabun mengandung alkohol di dalamnya. Sabun yang mengandung alkohol maupun pewangi tidak disarankan diberikan untuk bayi. Sebab, kulit bayi akan mudah iritasi apabila menggunakan sabun jenis ini. Ada baiknya menggunakan sabun tidak beraroma dan memiliki kandungan yang baik untuk kulit bayi.